GEBYAR GERAKAN IBU HAMIL SEHAT

Posted at : 23 Dec 2022

UPT PUSKESMAS WANARAJA menyelenggarakan Gebyar Gerakan Ibu hamil Sehat dalam rangka memperingati Hari ibu Nasional karena pada era modern seperti sekarang ini, senam hamil sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita. Bahkan menjadi trend tersendiri dikalangan ibu-ibu hamil terutama di kota-kota besar. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga pola istirahat, ibu hamil juga perlu memperhatikan persiapan fisik dengan melakukan olah raga. Senam hamil dianggap sebagai bentuk aktivitas fisik dan olah raga yang aman untuk ibu hamil serta salah satu cara merawat diri selama kehamilan.

Senam hamil sangat bermanfaat untuk dilakukan selama kehamilan. Berlatih senam hamil pada masa kehamilan dapat membantu melatih pernafasan dan membuat ibu hamil merasa relaks sehingga memudahkan adaptasi ibu terhadap perubahan tubuh selama kehamilan.

Senam hamil merupakan terapi latihan gerak dan salah satu kegiatan dalam pelayanan selama kehamilan atau prenatal care yang bertujuan untuk mempersiapkan ibu hamil secara fisik dan mental saat menghadapi persalinan agar persalinan normal dapat berlangsung dengan cepat, aman, dan spontan.

Melalui senam hamil, ibu hamil akan diajarkan cara mengurangi kecemasan dan mengurangi rasa takut dengan cara relaksasi fisik dan mental, serta mendapatkan informasi untuk mempersiapkan tentang apa saja yang akan terjadi selama persalinan.

Tujuan dari senam hamil yaitu :

· Memperkuat dan mempertahankan elastisitas otot dinding perut, ligamen,dan otot dasar panggul yang berhubungan dengan proses persalinan.

· Membentuk sikap tubuh, sikap tubuh yang baik selama kehamilan dan persalinan dapat mengatasi keluhan-keluhan umum pada wanita hamil, mengurangi sesak nafas akibat bertambah besarnya perut.

· Menguasai teknik pernafasan yang mempunyai peranan penting dalam kehamilan dan persalinan untuk mempercepat relaksasi tubuh yang dengan napas dalam, dan juga untuk mengatasi rasa nyeri pada saat kontraksi.

· Menguatkan otot -otot tungkai, dimana tungkai akan menopang berat tubuh ibu yang semakin lama makin berat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan

·  Mencegah varises, yaitu pelebaran pembuluh darah balik (vena) yang sering terjadi pada ibu hamil.

·  Memperpanjang nafas, karena seiring bertambah besarnya janin akan mendesak isi perut ke arah dada. Hal ini akan membuat rongga dada lebih sempit dan nafas ibu tidak bisa optimal. Dengan senam hamil maka ibu akan dapat berlatih agar nafasnya lebih panjang dan tetap relaks.

·  Latihan mengejan, latihan ini khusus untuk menghadapi persalinan, agar ibu bisa mengejan dengan benar sehingga bayi dapat lancar keluar dan tidak tertahan di jalan lahir.

·  Mendukung ketenangan fisik.

Sedangkan manfaat yang bisa didapatkan dari senam hamil, antara lain :

·  Mengatasi sembelit (konstipasi), kram dan nyeri punggung

·  Sirkulasi darah menjadi lancar

·  Postur tubuh menjadi lebih baik

·  Tidur lebih berkualitas

·   Mengurangi stress

·   Membantu mengembalikan bentuk tubuh lebih cepat setelah melahirkan

·   Otot bagian panggul menjadi lebih kuat

·   Tekanan darah lebih stabil

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam hamil, yaitu :

·  Gunakan pakaian yang nyaman, tidak ketat, dan menyerap keringat.

·  Lakukan pemanasan sebelum melakukan senam hamil dan pendinginan setelah melakukan senam hamil.

·  Hindari gerakan memutar, membalikkan badan, dan berdiri secara cepat.

·  Ketahui batas kemampuan dan jangan terlalu memaksakan diri.

· Konsumsi cukup air sebelum, selama, dan setelah melakukan senam hamil untuk mencegah dehidrasi.

There are currently no posts.